Cara Cetak Tiket Kereta Api Dengan Mudah

Jika kamu memesan tiket lewat e-commerce atau minimarket, kamu akan mendapatkan kode booking atau kode bayar sebagai bukti pemesanan tiket. Nantinya, kode booking ini selain digunakan untuk membayar tiket, juga digunakan untuk mencetak tiket kereta api.

Cara cetak tiket kereta api tergolong mudah. Hanya perlu mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh hingga tiket kereta api sudah kamu pegang. Namun sebelumnya, pastikan stasiun keberangkatan yang kamu pilih memiliki fasilitas check in counter atau Cetak Tiket Mandiri (CTM).

Tiket yang sudah dicetak, akan digunakan untuk check-in ke kereta api. Dengan begitu, kamu bisa melakukan perjalanan ke tempat yang akan kamu tuju. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga :

Cara Cetak Tiket Kereta Api Dengan MudahCara Cetak Tiket Kereta Api Dengan Mudah

Sebelum kamu mencetak tiket kereta api, pastikan kamu sudah menbayar tiket yang sudah di booking. Kamu bisa mencetak tiket mulai H-7 hingga 1 jam sebelum keberangkatan.

Bagi kamu yang baru pertama kali cetak tiket kereta apai, tentu akan sedikit kebingungan. Nah, berikut ini adalah prosedur untuk mencetak tiket kereta api dengan mudah.

1. Datang Ke Mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri)

Setelah memesan dan membaywr tiket, kamu akan mendapatkan kode booking yang tertera pada struk. Nah, masukkan kode tersebut ke mesin CTM. Mesin CTM ini merupakan salah satu fasilitas yang ada di setiap stasiun. Tanyakan kepada petugas dimana letak atau lokasi CMT berada.

2. Masukkan Kode Booking dan Data Diri

Masukkan kode booking yang sudah kamu dapatkan. Kemudian masukkan data diri lainnya seperti nomor telepon atau nomor kartu identitasidentitas sesuai dengan tiket yang sudah di pesan. Isi di kolom yang sudah disediakan.

3. Pastikan Data Sudah Terisi Dengan Benar

Setelah mengisi data, mesin akan menampilkab informaai data diri yang meliputi nama pemesan, tanggal perjalanan, nama dan nomor kereta api serta lain sebagainya. Jika di rasa sudah benar, maka tiket siap dicetak.

4. Cetak Tiket

Jika data sudah terisi dengan benar, maka kamu sudah bisa mencetak tiket kereta api. Ambil dan simpan tiket tersebut untuk digunakan saat check-in.

Dengan adanya fasilitas Cetak Tiket Mandiri, pemerintah berharap bisa mengurangi antrian yang panjang. Sehingga rasa nyaman ketika menunggu kereta bisa dirasakan oleh calon penumpang.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Cetak Timet Kereta Api. Semoga artikel ini bisa menbantu hang ungin bepergian menggunakan kereta api. Terima kasih.

error: Content is protected !!