Begini Cara Menginap Di Hotel Pertama Kali, Mulai Dari Booking Hingga Check-Out

Menginap di hotel memberikan sensasi tersendiri bagi beberapa orang. Terlebih jika kamu baru pertama kali menginap di hotel, pasti kamu akan deg degan dan kebingungan. Berbagai pertanyaan juga akan terngiang di kepalamu.

Prosedur yang berbeda di setiap hotel sering kali menyebabkan kebingungan. Tak jarang para pemula ini batal menginap di hotel dan lebih memilih menginap di villa atau homestay karena prosedur yang lebih mudah.

Nah,bagi kamu yang baru pertama kali menginap di hotel, kami akan memberikan penjelasan cara menginap di hotel bagi pemula. Mulai dari cara check-in hingga check-out hotel.

Baca Juga :

Cara Menginap Di Hotel Untuk PemulaCara Menginap Di Hotel Pertama Kali

Sebagai seorang pemula, perbedaan prosedur di setiap hotel sering kali membuat bingung. Belum lagi ada beberapa istilah atau kebijakan yang diterapkan di setiap hotel yang juga harus kamu ketahui.

Seperti kebijakan jam check-in yang berbeda di setiap hotel. Kebanyakan hotel memang menerapkan jam check-in 13.00-14.00. Namun tak jarang pula ada yang berbeda. Untuk itu, ketika anda memesan hotel, tanyakan terlebih dahulu waktu check-in yang ditetapkan.

Selain waktu check-in, perrhatikan juga fasilitas yang disediakan. Apakah sudah termasuk rate kamar atau berbayar. Berikut ini adalah penjelasan secara umum bagaimana cara menginap di hotel pertama kali mulai dari booking hingga check-out.

Booking HotelCara Booking Hotel

Hal pertama kali yang harus kamu lakukan adalah memesan kamar hotel. Pemesan hotel sekarang lebih mudah dan cepat. Selain menelpon langsung ke pihak hotel, sekarang kamu bisa memesan hotel melalui Online Travel Agent (OTA).

Kamu juga bisa memesan melalui aplikasi yang menyediakan layanan pemesanan hotel seperti Airy, Trivago, Pegipegi, Booking.com, Traveloka dan masih banyak lagi. Pada saat memesan, pilih kamar yang sesuai dengan keinginanmu, baik dari luas, fasilitas, jumlah orang yang akan menginap hingga ada sarapan atau tidak. Semua keputusan yang akan kamu pilih, akan mempengaruhi harga kamar per malamnya.

Jika kamu sudah memesan, kamu akan mendapatkan email dari pihak hotel jika pemesanan dilakukan secara online. Simpan email tersebut, karena nantinya akan digunakan untuk klaim dan check-in hotel.

Cara Check-in HotelCara Check In Hotel

Sebelum check-in, kamu harus tahu kebijakan waktu check-in yang diterapkan hotel. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, setiap hotel memiliki waktu check-in yang berbeda. Kamu bisa menanyakan kepada receptionist waktu check-in hotel yang berlaku.

Pada saat check-in hotel, kamu cukup menunjukan identitas jika kamu memesan melalui telepon ke pihak hotel. Jika kamu memesan secara online, baik lewat OTA maupun aplikasi, kamu harus menunjukan bukti booking yang sudah dikirimkan ke email-mu.

Tunjukan juga fotocopy KTP atau identitas agar proses administrasi cepat selesai. Bila kamu menginap di luar negeri, KTP tidak akan berlaku. Jadi kamu harus menujukan passport sebagai identitas.

Bila persyaratan sudah terpenuhi, staff receptionist akan melakukan registrasi dan mengecek kesiapan kamar yang dipesan. Kamu akan diminta untuk menandatangani form yang menyatakan persetujuan pembayaran dan ketentuan yang ada di hotel tersebut.

Setelah administrasi selesai, staff receptionist akan memberikan kunci dan akan meminta karyawan lain untuk mengantar kamu ke kamar yang sudah kamu pesan. Jika kamu ada pertanyaan seputar hotel, kamu bisa menanyakan kepada karyawan tersebut.

Cara Menggunakan Kunci Kamar HotelCara Menggunakan Kunci Hotel

Beberapa hotel saat ini sudah tidak lagi menggunakan kunci kamar secara fisik. Sekarang kebanyakan hotel menggunakan kunci dalam bentuk kartu akses. Kunci dalam bentuk ini lebih praktis dan efisien.

Hal itu dikarenakan selain menjadi kunci, kartu tersebut juga bisa digunakan untuk memakai fasilitas hotel seperti lift. Kamu cukup menempelkan kartu ke bagian yang sudah ditentukan dan kamu sudah bisa membuka kamar atau menggunakan fasilitas lift hotel.

Biasanya, penerapan kunci dalam bentuk kartu akses ini merupakan hotel berbintang. Tak jarang juga ada beberapa yang masih menggunakan kunci dalam bentuk fisik. Simpan kunci tersebut dan jangan sampai hilang. Bila hilang, kamu akan dikenakan denda sebagai pengganti biaya pembuatan kunci baru.

Cara Menggunakan Mini Bar dan Penerapan DepositCara Menggunakan Mini Bar Hotel

Biasanya ketika kamu menginap di hotel, kamu akan mendapatkan dua botol air mineral serta kopi dan teh yang bisa kamu buat sendiri yang sudah termasuk kedalam rate kamar. Bila ada snack atau minuman bahkan mini bar, itu merupakan fasilitas tambahan yang bisa kamu nikmati dengan membayar saat check-out.

Tidak semua hotel menyediakan mini bar. Paling tidak, kamu sudah tahu bahwa fasilitas tersebut tidak termasuk ke dalam rate kamar, sehingga kamu tidak asal menikmati yang mungkin bisa membuatmu harus mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Beberapa hotel juga menerapkan sistem deposit. Sistem tersebut mengharuskan kamu memberikan sejumlah uang yang sudah ditetapkan kepada pihak hotel. Kamu bisa menggunakan uang tunai, kartu kredit atau debit untuk membayar deposit.

Uang deposit ini berlaku sebagai jaminan jika kamu melakukan service roon, laundry, mengkonsumsi mini bar, merusak atau menghilangkan barang hotel. Jumlah uang yang ditetapkan juga beragam, sesuai dengan kebijakan hotel yang berlaku.

Apabila kamu tidak mengkonsumsi minuman yang tersedia di mini bar dan tidak ada kerusakan atau kehilangan yang terjadi. Maka uang akan dikembalikan saat kamu check-out nanti. Jadi, kamu jangan khawatir.

Cara Check-Out HotelCara Check Out Hotel

Sama halnya dengan check-in, check-out juga memiliki waktu sendiri. Biasanya kebijakan waktu check out di hotel antara pukul 12.00-13.00 atau kamu bisa menanyakan kepada receptionist. Jika kamu terlambat check-out, kamu akan dikenakan charge.

Sebelum melakukan check-out, pastikan kamu sudah mengemas barangmu dengan rapi dan tidak ada barang yang tertinggal. Kemudian datang ke receptionist dan sampaikan maksud kamu jika ingin check-out dan serahkan kunci kamar.

Receptionist akan mendata dan akan meminta housekeeping untuk mengecek kamar. Setelah dipastikan tidak ada barang yang tertinggal dan barang hotel tidak terbawa pulang, receptionist akan membuatkan tagihan pembayaran.

Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan. Kamu bisa membayar dengan uang tunai, kartu kredit, debit atau melalui aplikasi yang memberikan layanan pembayaran cashless. Setelah pembayaran selesai, kamu bisa keluar hotel dan melanjutkan perjalanan.

Menginap di hotel menjadi salah satu hal yang cukup penting ketika kamu sedang liburan atau melakukan perjalanan jauh. Namun kamu juga harus mengetahui prosedur yang diterapkan oleh pihak hotel. Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang mungkin bisa membuatmu rugi.

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Menginap Di Hotel Pertama Kali. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin menginap di hotel. Terima kasih.

error: Content is protected !!