Begini Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri Dengan Mudah dan Cepat

Di era digital sekarang ini, banyak transaksi yang dilakukan melalui jaringan internet alias online. Mulai dari pembayaran tagihan, jual beli barang hingga sekedar transfer uang. Selain cepat, transaksi via online juga lebih mudah.

Maraknya transaksi online yang sering dilakukan, membuat banyak orang terbiasa dengan berbagai kenyamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan. Tidak hanya terbatas dalam negeri saja, namun transaksi antar negara menjadi mudah dilakukan.

Bagi kamu yang memiliki bisnis online, tentu kegiatan seperti ini sangat lumrah. Tapi bagi mereka yang baru pertama kali, akan menjadi hal baru dan cukup membingungkan. Untuk itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengirim uang ke luar negeri.

Baca juga :

Cara Transfer Uang Ke Luar NegeriCara Transfer Uang Ke Luar Negeri copy

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk mentransfer uang ke luar negeri. Apalagi sekarang ada banyak sekali aplikasi e dompet yang bisa kamu gunakan. Aplikasi tersebut memiliki fitur untuk mentransfer uang secara online.

Namun beberapa aplikasi tidak melayani transfer antar negara. Sehingga kamu memerlukan jasa pengiriman uang yang menyediakan pengiriman uang antar negara. Berikut adalah cara transfer uang ke luar negeri dengan aman dan cepat.

Transfer Antar BankCara Transfer Uang Ke Luar Negeri Antar Bank

Transfer uang ke luar negeri lewat bank tidak jauh berbeda dengan transfer uang pada umumnya. Kamu harus datang ke kantor cabang Bank terdekat, karena pengiriman dilakukan lewat teller bank.

Caranya pun cukup mudah, kamu cukup ajukan ke bagian teller atau bila bingung bisa kebagian informasi. Kemudian, kamu harus mengisi sejumlah data pada formulir pengiriman uang ke luar negeri yang telah disediakan.

Pastikan kamu mengisi dengan benar. Jika sudah, teliti kembali agar tidak terjadi kesalahan. Jangan ragu untuk menanyakan biaya transfer yang dikenakan oleh pihak bank. Setelah transaksi selesai, simpan struk sebagai bukti yang sah.

Transfer Lewat ATMCara Transfer Uang Ke Luar Negeri Lewat ATM

Selain lewat teller bank, kamu juga bisa transfer uang ke luar negeri lewat fasilitas ATM. Namun, namun kamu membutuhkan kode swift bank yang akan dituju. Kode swift ini, bisa kamu dapatkan dengan menanyakan langsung kepada pihak bank yang kamu pakai.

Caranya tidak jauh berbeda dengan transfer ATM pada umumnya. Kamu cukup memasukan kode swift bank serta rekening tujuan. Simpan struk sebagai bukti transaksi yang sah.

Western UnionCara Transfer Uang Ke Luar Negeri Western Union

Western Union sendiri merupakan jasa pengiriman yang melayani hingga antar negara. Baik pengiriman barang hingga uang. Jadi kamu bisa mengirim uang ke berbagai negara. Cara kirim uang lewat Western Union terbilang mudah.

Kamu harus datangi agen terdekat. Jangan lupa membawa kartu Identitas untuk pengisian formulir. Kemudian, lengkapi formulir pengiriman beserta identitas diri. Jika sudah, serahkan kepada petugas untuk segera diproses. Serahkan uang yang akan dikirim beserta biaya admin yang dikenakan.

Berikut adalah besaran biaya yang dikenakan oleh Western Union dalam pengiriman uang ke luar negeri :

  • Rp. 100 ribu – 1 juta = Rp. 45.000
  • Rp. 2 juta – 10 juta = Rp. 90.000
  • Rp. 11 – 20an juta = Rp. 180.000
  • Rp. 30an – 49 juta = Rp. 360.000
  • Rp. 50 juta = Rp. 720.000

Jika pendataan sudah selesai, kamu akan diberi tanda bukti berupa struk. Simpan struk tersebut sebagai bukti transaksi yang sah.

PaypalCara Transfer Uang Ke Luar Negeri Lewat Paypal

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan layanan pengiriman uang ini. Paypal menjadi rekening virtual yang sering digunakan oleh banyak orang. Bahkan, kebanyakan para pebisnis online menggunakan Paypal sebagai media transaksi.

Banyak orang yang menggunakan Paypal untuk transaksi secara online, baik untuk berbelanja hingga kepentingan bisnis lainnya. Menariknya lagi, Paypal memiliki jaringan yang sangat luas, sehingga transaksi antar negara jadi mudah dilakukan.

Agar bisa menggunakan layanan dari Paypal, kamu maupun penerima harus memiliki rekening Paypal terlebih dahulu. Untuk itu, kamu harus daftar akun Paypal terlebih dahulu dengan memasukan email dan rekening bank untuk verifikasi.

Setelah daftar, kamu harus mengisi saldo Paypal agar bisa menggunakan fitur yang ada. Cara mengisinya bisa melalui jasa pengisian atau melalui pihak ketiga. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca artikel mengenai cara isi saldo Paypal dengan mudah. Jika saldo sudah terisi, maka kamu sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi lewat Paypal.

Skrill / MoneybookersCara Transfer Uang Ke Luar Negeri Lewat Skrill

Tidak jauh berbeda dengan Paypal, Skrill / Moneybookers juga memiliki fitur pengiriman uang hingga antar negara. Skrill juga membutuhkan saldo untuk bertransaksi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan withdraw terhadap sejumlah dana yang terdapat di dalamnya. Melakukan transaksi lewat Skrill / Moneybookers sangat aman. Tidak heran, pengguna Skrill / Moneybookers semakin bertambah.

TrueMoney WalletCara Transfer Uang Ke Luar Negeri Lewat TrueMoney Wallet

Cara terakhir juga tidak kalah menarik. TrueMoney Wallet memberikan fitur pengiriman uang antar negara. Bahkan kamu juga bisa mengambil uang yang ada didalam TrueMoney Wallet. Bila kamu adalah penerima uang dari Indonesia, kamu bisa mengambil saldo secara tunai di Alfamart atau Alfamidi.

Kamu cukup membawa identitas diri dan kode MTCN yang dapatkan ketika selesai melakukan transaksi pengiriman uang melalui aplikasi Member TrueMoney. Untuk bisa menggunakan layanan TrueMoney Wallet, kamu harus download aplikasi dulu di Play Store.

Kemudian lakukan pendaftaran akun. Perlu diperhatikan, aplikasi dibagi menjadi dua jenis yaitu untuk member dan untuk agen. Jika kamu pengguna layanan, silahkan download aplikasi untuk member.

Demikian ulasan singkat mengenai cara transfer uang ke luar negeri. Sebelum kamu melakukan transaksi, pastikan nomor rekening tujuan sudah benar. Jangan lupa juga untuk mengecek besar biaya administrasi dalam melakukan transaksi.

error: Content is protected !!